BAB 1
ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Istilah
multimedia pertama kali di kenal pada dunia teater, yang mempertunjukan
pagelaran dengan menggunakan gerak, musik, dan video untuk menambah dramatisasi
suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal dengan panduan dari hasil gambar atau
image, grafik, teks, suara, TV, dan animasi sehingga menjadi suatu karya yang
dapat dinikmati secara audio visual. Umumnya juga orang mengenal multimedia
sebagai sistem dari komputer personal (PC) yang berkembang pesat dewasa ini.
Dalam Perkembangannya pengajaran, latihan, pembuatan manufaktur, sedang dalam
system perekonomian layak digunakan untuk kegiatan promosi penjualan.
Menurut
Robert Webking , multimedia secara “etimologi “ di artikan sebagai, “multi“
(banyak) “medium“ (prantara media). Dalam bidang informasi multi media memiliki
makna yaitu “persekutuan media“ diantara sumber dan pemasukan informasi atau
“persekutuan alat“ dengan mana informasi di simpan, ditransmisikan,
dipresentasikan dan diterima (webking.2001: www.alltheweb.com)
Munter (1982) menulis bahwa, “alat bantu media dapat memberikan sumbangan yang
sangat besar dalam menambah minat, variasi, dampak serta kemampuan mengingat
lebih lama dibandingkan dengan kata-kata. Munter menjelaskan bahwa orang paling
banyak belajar dan menyimpan memori melalui observasi minimal 85% sedangkan
data yang dikumpulkan dan yang disimpan berasal dari penglihatan dan suara bisa
melebihi batas normal. Suatu tinjauan mengenai suatu penelitian menyatakan
bahwa alat bantu audiovisual (multimedia) meningkatkan pemahaman sampai 200%
dalam pengajaran, alat bantu visual meningkatkan daya ingat sekitar 14-38%, dan
dapat mengurangi waktu yang diperlukan sampai 40% untuk menjelaskan konsep
tunggal dalam kegiatan promosi. Satu alasan penting bahwa alat bantu multimedia
yang relevan dan dipilih dengan baik adalah menarik perhatian dengan kualitas
kerja yang luar biasa, warnawarna terang pada bagan, bentuk unik suatu obyek,
dan getaran bunyi yang khusus, semuanya akan membantu mendapatkan perhatian. Dengan
kualitas praga yang luar biasa, warna-warna pada bagan, bentuk unik suatu
obyek, dan getaran bunyi yang khusus, semuanya akan membantu mendapatkan
perhatian dan memperbaharui daya tarik gagasan yang disampaikan. Perhatian
penuh dapat dilakukan hanya dalam beberapa detik memiliki “waktu paruh“ yang
sangat singkat alat multimedia dapat digunakan secara efektif untuk
mengendalikan perhatian penyimak melalui stimulasi visual dan stimulasi oral.
Stimulasi visual dan stimulasi oral akan memberikan kesadaran yang tinggi,
intensitas, ukuran yang besar, pengulangan, durasi, warna yang cerah. Istilah
psikofisik mengacu pada interaksi proses psikologis dan stimulasi fisik
penggabungan faktor-faktor itu dalam bentuk alat bantu multimedia akan sangat
membantu mempertahankan tingkat perhatian yang disengaja ataupun yang tidak
disengaja.
Gambar
1.2. Multimedia
Content Production
Multimedia
juga sangat membantu dalam kegiatan belajar, selain dalam membantu kegiatan
promosi, dimana belajar mengajar merupakan hal yang patut di perhatikan dalam
meningkatkan sumberdaya manusia. Dengan meningkatnya sumber daya manusia maka
suatu negara dapat di katakan telah maju, dengan adanya multi media system
belajar mengajar dapat efektif dan efesien sehingga dengan adanya multimedia
belajar dapat berinteraktif
1.1
KATEGORI MULTIMEDIA
Multimedia
dapat didefinisikan menjadi dua kategori yaitu multimedia content production
dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut:
1. Multimedia
content production
Multimedia
adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics,
animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi
atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment,
dll) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk
menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and
interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori
ini media yang digunakan adalah
1.
Media Teks
2.
Media Audio
3.
Media Video
4.
Media Animasi
5.
Media Graph / Image
6.
Media Interactivity
7.
Media Special Effect
2. Multimedia
communication
Multimedia
adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk
mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity,
entertaiment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan
adalah
1.
TV
2.
Radio
3.
Film
4.
Cetak
5.
Musik.
6.
Game
7.
Entertaiment
Untuk Modul Etimologi
Multimedia Selengkapnya bisa anda download DISINI
No comments:
Post a Comment