Breaking News

Monday 22 February 2016

Makanan Diet Terbaik untuk Ibu Baru



Memiliki bayi adalah pengalaman yang luar biasa sekaligus indah bagi seorang wanita. Selain itu juga hal itu menjadi kegembiaraan tersendiri serta tiada tara rasanya bagi seorang wanita. Namun seiring dengan kelahiran, wanita juga di liputi dengan dengan dilema yaitu di satu sisi ingin menghilangkan lemak ekstra yang meninmbun pasca melahirkan tetapi di sisi lain mereka harus tetap menjaga asupan makanan mereka karena adanya sang buah hati agar dapat menjaganya tetap mendapatkan asupan gizi yang terbaik. 

Karena makanan yang terbaik bagi bayi yang baru lahir adalah air susu ibu (ASI) maka seorang wanita yang baru saja melahirkan harus benar-benar menjaga makanannya, karena apa yang di konsumsinya akan menentukan kualitas ASI bagi sang bayi. Lalu, bagaimana seorang wanita dapat mengembalikan bentuk tubuh idealnya tetapi harus tetap memikirkan nutrisi yang terbaik bagi buah hatinya agar tetap sehat dan kuat. 

Berikut beberapa makanan yang bisa para ibu baru konsumsi agar nutrisi sang buah hati tetapi tidak meninggalkan diet untuk mengembalikan bentuk tubuh kembali ideal.

1. Salmon
Seperti ikan lainnya, salmon juga memiliki omega-3 asam lemak yang baik untuk tubuh secara keseluruhan. Selain itu salmon juga memiliki jenis lemak yang disebut sebagai DHA. DHA baik untuk sistem saraf bayi. Dalam ASI sendiri sebenarnya sudah di temukan DHA namun jumlahnya masih kecil. Mengkonsumsi salmon 2 kali seminggu dapat membantu meningkatkan kadar DHA pada ASI ibu baru, dan hal itu baik untuk dirinya dan juga bayinya. Meskipun salmon memiliki manfaat yang baik tetapi tidak di anjurkan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan karena dapat mengandung merkuri. 

2. Susu rendah lemak
Produk susu rendah lemak seperti susu, keju adn mentega adalah pilihan yang bagus untuk mendapatkan vitamin D, vitamin B, dan kalsium yang diperlukan oleh ibu baru. Vitamin dan kalsium tidak hanya membantu ibu baru , tetapi juga dapat memperkuat tulang bayi yang baru lahir. ASi sangat penting karena memperkuat bayi. Dan produk susu sehat rendah lemak juga baik untuk Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kandungan lemak di dalamnya. 

3. Daging sapi tanpa lemak
Tidak semua orang suka dengan makanan laut seperti ikan. Bagi ibu baru yang bukan penggemar ikan dapat mengganti menu dietnya dengan daging aspi tanpa lemak dua atau tiga kali seminggu. Daging tanpa lemak dimana lemaknya sudah di pangkas habis adalah sumber zat besi, vitamin B12 serta protein. Hal ini dapat memberikan energi untuk ibu baru dalam mengurus sang buah hati karena mengurus bayi yang baru lahir bukan perkara yang mudah dan kadang dapat menguras begitu banyak energi. 

4. Beras merah dan kacang-kacangan
Seorang ibu baru mungkin akan tergoda untuk mengorbankan karbohidrat untuk menurunkan berat badan. Tapi ini adalah cara yang buruk untuk menurunkan berat badan karena dengan mengurangi asupan karbohidrat ke dalam tubuh maka akan membuat Anda merasa cepat lelah dan gerakan pun menjadi lambat sangat tidak efisien bagi ibu baru. Karena dalam mengurus bayi yang baru lahir di perlukan energi yang sangat banyak dan juga harus gerak cepat di setiap waktu. Anda dapat mengkonsumsi beras merah yang kaya akan karbohidrat serta kacang-kacangan yang kaya akan serat tapa harus takut berat badan Anda naik. Kacang-kacangan juga merupakan pilihan yang sehat bagi Anda yang vegetarian atau ibu baru yang khawatir akan keuangan Anda karena harganya yang ekonomis. 

5. Sayuran hijau 
Sayuran hijau adalah makanan keharusan dan makanan yang terbaik untuk ibu baru. Sayuran kaya akan zat besi, asam folat dan juga serat. Tidak hanya makanan sehat, sayuran dapat membuat Anda menjadi lebih energik serta aktif, juga akan membuat tubuh Anda serasa ringan. 

Seorang ibu baru perlu untuk mendapatkan banyak nutrisi dalam dirinya. Dia perlu tetap kuat untuk dirinya dan juga bayinya. Tanpa meninggalkan keinginan untuk mengembalikan bentuk tubuh idealnya.

No comments:

Post a Comment

Designed By